Senin, 26 November 2012

KPPN Apresiasi Simantri

(Denpasar, 26 November 2012) Anggota Komisi Penyuluhan Pertanian Nasional (KPPN) Suharyo Husein memberi apresiasi terhadap program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) yang digulirkan Pemerintah Provinsi Bali. Hal ini terungkap dalam audensi KPPN dan Ketua Komisi II DPRD Bali Tutik Kusuma Wardhani dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di ruang kerja Gubernur Bali, Niti Mandala, Denpasar, Senin (26/11).

Pada kesempatan itu secara khusus Husein meminta penjelasan kepada Gubernur Bali apa yang dimaksud dengan Simantri. “Saya ingin mendengar langsung dari Bapak tentang program Simantri yang ada di Bali,” pintanya.

Menjawab hal tersebut Gubernur mengatakan dirinya menaruh perhatian yang intensif terhadap pertanian di Bali. Karena menurutnya pertanian adalah dasar dari keberadaan pariwisata Bali. berujar daya tarik pariwisata Bali berakar pada kebudayaanya. “Tarian, nyanyian, semua dasarnya adalah dari masyarakat desa,” jelasnya.

Namun, mantan Kapolda Bali ini menambahkan belakangan pertanian semakin sulit. Oleh sebab itulah dirinya menggagas Simantri dalam rangka meningkatkan pendapatan petani. Menurutnya dengan meningkatkan pendapatan maka generasi muda akan kembali tertarik untuk menekuni pertanian dan meningkatkan status sosial petani. Gubernur juga mengatakan melalui Simantri ini Pemprov Bali memberdayakan lulusan pertanian untuk menjadi penyuluh-penyuluh di lokasi-lokasi Simantri.

KPPN sangat mengapresiasi program Simantri bahkan akan membahas sistem ini di pusat agar dapat diterapkan di tempat lain. Rombongan KPPN dipimpin oleh Sekretaris KPPN Adan Wariya dan diikuti anggota KPPN yang juga akademisi IPB Lukman Baga serta anggota KPPN dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Leni Syafei.

Tampak hadir dalam audensi tersebut Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali I Ketut Teneng, SP, Kadis Peternakan Provinsi Bali Ir. I Putu Sumantra, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali Ir Ida Bagus Wisnuardana dan Kepala BPTP Bali A.A.N. Kamandalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar